Jumat, 08 Maret 2013

Melakukan Operasi Dasar pada Sistem Operasi

Setelah diaktifkan sesuai prosedur, komputer akan melakukan beberapa proses. Proses akan terus berlanjut hingga kamu memperoleh tampilan sistem operasi. Dalam buku ini akan dibahas operasi dasar pada sistem operasi Microsoft Windows XP.

1. Proses dalam Sistem Operasi
Jika kamu telah mengaktifkan komputer, komputer akan melakukan proses berikut.
a. Komputer menjalankan sistem BIOS ( Basic Input/Output System). Pada proses ini komputer akan membaca kelengkapan mouse, keyboard, speaker, printer, dan peralatan lain. Jika terjadi kesalahan ( error) pada alat-alat itu, komputer akan mengeluarkan suara-suara “beep”.
b. Jika tidak terjadi kesalahan pada proses, komputer akan membaca harddisk serta menemukan sistem operasi. Selanjutnya tugas akan ditangani sistem operasi.
c. Sistem operasi terus bekerja sehingga diperoleh tampilan sistem operasi.

2. Memasuki Wilayah Kerja Sistem Operasi
Tampilan sistem operasi disebut desktop. Desktop memuat ikon, tombol start atau menu start, hingga gambar latar belakang. Agar kamu lebih mengenal bagian-bagian ini, simak dan cermatilah paparan berikut.

a. Ikon
Ikon adalah sejenis gambar yang melambangkan sesuatu. Dalam hal ini ikon menggambarkan program aplikasi atau bagian-bagian tertentu dari komputer. Pada tampilan di atas, ikon program diperlihatkan oleh ikon Adobe Acrobat Reader, Mozilla Firefox, atau Avast! Antivirus. Ikon ini digunakan sebagai jalan singkat untuk membuka program. Nah, itulah sebabnya ikon disebut pula shortcut.

Ikon bagian komputer misalnya Recycle Bin. Ikon ini dapat kamu gunakan untuk melihat “tempat sampah” dalam komputer. Setelah dibuka, kamu dapat membersihkan atau menghapus sampah-sampah yang terdapat di dalam Recycle Bin.

b. Start Menu
Start menu disebut pula tombol start. Tombol ini digunakan untuk membuka program aplikasi, mematikan komputer, dan beberapa keperluan lainnya.

c. Quick Launch
Quick Launch berisi ikon program aplikasi. Misalkan pada Quick Launch terdapat ikon Internet Explorer. Nah, dari Quick Launch ini kamu dapat menjalankan program aplikasi Internet Explorer untuk membuka internet.

d. Taskbar
Taskbar biasa terdapat di bagian bawah tampilan sistem operasi. Akan tetapi, kamu dapat memindahkan taskbar ke bagian atas, samping kiri, atau samping kanan. Taskbar memuat program aplikasi yang sedang dijalankan. Selain itu, ada pula ikon program dan tanda waktu.

e. Wallpaper
Wallpaper memuat gambar latar belakang tampilan desktop. Kamu dapat mengubah wallpaper sesuka hati. Cara pengubahan dapat kamu pelajari pada bagian lain dalam bab ini.

3. Berlatih Menggunakan Mouse
Saat belajar menggunakan komputer, mouse adalah satu alat yang harus kamu pelajari. Nanti, mouse dapat kamu gunakan untuk mengetik, memerintah komputer, membuka program aplikasi, hingga membuat gambar. Mouse termasuk alat input atau masukan. Nah, sekarang pelajarilah cara menggunakan mouse berikut.

a. Mengenal Bagian-bagian Mouse
Mouse memiliki beberapa tombol. Mouse tipe tertentu memiliki tombol lebih dari dua, misalnya mouse multimedia yang bahkan memiliki 11 tombol. Untuk penggunaan yang wajar, kamu hanya memerlukan mouse dengan 2 tombol.

Mouse memiliki tombol kiri, tombol kanan, dan scroller. Pernahkah kamu memegang dan menggunakan mouse? Cara memegang mouse dapat kamu amati pada gambar berikut.

Dalam layar komputer, keberadaan mouse ditunjukkan oleh kursor atau pointer. Jika
kamu menggerakkan mouse, kursor juga akan bergerak sesuai gerakan mouse. Nah, penggunaan masing-masing bagian mouse akan kamu pelajari sesaat lagi.

b. Melakukan Klik Kiri
Klik kiri artinya menekan tombol kiri mouse untuk keperluan tertentu. Misalnya membuka program aplikasi, menutup program aplikasi, mengecilkan tampilan program aplikasi, hingga menggunakan fasilitas dalam program aplikasi. Penggunaan mouse untuk melakukan klik kiri tidak sulit. Pertama, peganglah mouse baik-baik.

5. Menggunakan Beberapa Perintah yang Terdapat pada Sistem Operasi
Perintah dasar berikut perlu kamu ketahui. Perintah ini berguna saat kamu menangani komputer yang terganggu (error atau hang), mempercantik tampilan komputer, hingga mengatur nama komputer. Baiklah, lekas pelajari uraian berikut.

a. Melakukan Restart
Restart adalah mematikan komputer lalu menghidupkan komputer kembali. Restart dilakukan dengan beberapa alasan. Alasan pertama, kamu menambahkan program aplikasi tertentu dalam komputer. Jenis program aplikasi tertentu akan memintamu melakukan restart.

Alasan kedua, komputermu mengalami gangguan, misalnya terjadi kemacetan pada program aplikasi, sehingga kamu perlu melakukan restart. Secara garis besar, perintah restart dapat dilakukan dengan tiga cara. Cara pertama menggunakan tombol start. Cara kedua menggunakan tombol reset, sedangkan cara ketiga menggunakan tombol keyboard yaitu Ctrl + Alt + Del. Cermatilah penjelasan ketiga cara tersebut.

1) Menggunakan Tombol Start
Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan, yaitu:
a) klik tombol start
b) pilih Turn Off Computer
c) klik Restart.

2) Menggunakan Tombol Keyboard
Jika menggunakan tombol keyboard, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut.
a) Pada saat komputer atau program error, tekan tombol Ctrl, Alt, dan Del bersamaan. Dalam bahasa teknis, kombinasi tombol ini ditulis Ctrl + Alt + Del.

b) Komputer akan menampilkan kotak Windows Task Manager. Program-program yang error dapat kamu matikan dengan melakukan klik End Task.

3) Menggunakan Tombol Reset
Cara ini dapat kamu gunakan jika komputer mengalami gangguan yang agak berat. Misalnya komputer tidak merespon perintah yang kamu berikan melalui mouse atau keyboard. Cara mengatasi hal ini, tekanlah tombol reset.

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes