Jumat, 01 Maret 2013

Konsep Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Apa jadinya bila kita hidup tanpa melakukan komunikasi? Wah, bisa jadi kehidupan tidak akan berjalan seperti saat ini. Komunikasi merupakan aktivitas vital dalam kehidupan kita. Setiap hari kita berkomunikasi dengan teman, saudara, maupun yang lainnya.

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi antarindividu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda, atau tingkah laku. Bagaimana bentuk komunikasi yang dapat kamu lakukan bila jarak berjauhan? Tentu diperlukan alat yang dapat membantu memperlancar komunikasimu.

Komunikasi jarak jauh biasa disebut telekomunikasi. Telekomunikasi memanfaatkan
peralatan dan sistem untuk mengirimkan sinyal optik atau elektronik antartempat yang
saling berjauhan. Informasi berupa teks, suara, gambar, dan video selanjutnya dapat diubah menjadi sinyal listrik atau optik. Sinyal listrik atau optik inilah yang akan dikirim ke tempat lain. Apabila sinyal listrik atau optik tiba dan diterima di tempat tujuan, peralatan pada penerima akan mengubah kembali sinyal tersebut menjadi pesan yang dapat dimengerti sesuai bentuk semula. Misalnya, sinyal pada televisi akan diubah menjadi gambar bergerak, sinyal pada telepon akan diubah menjadi suara.

Telekomunikasi memungkinkan manusia di seluruh belahan dunia untuk saling
berhubungan dan bertukar informasi dengan cepat. Saat ini berbagai cara dan sarana
telekomunikasi telah tersedia. Ada 3 bentuk telekomunikasi yaitu, komunikasi satu arah
( Simplex), komunikasi dua arah (Duplex), dan komunikasi semi dua arah (Half Duplex).

Dalam komunikasi satu arah, pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contohnya televisi dan radio. Dalam komunikasi dua arah pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contohnya telepon dan VOIP. Sedangkan dalam komunikasi semi dua arah, pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian tetapi tetap berkesinambungan. Contoh: Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes