Jumat, 01 Maret 2013

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Zaman Modern

Manusia selalu berusaha menemukan dan mengembangkan peralatan komunikasi.
Peralatan komunikasi selalu dikembangkan untuk semakin mempermudah dan membantu setiap kegiatan manusia. Kecepatan dan ketepatan penyampaian informasi merupakan bagian penting bagi manusia untuk mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi. Berikut akan dibahas beberapa peralatan teknologi informasi dan komunikasi modern yang telah dikembangkan manusia. Pada mulanya peralatan teknologi informasi dan peralatan teknologi komunikasi dipisahkan.

1. Peralatan Teknologi Informasi
Peralatan teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantumu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Komputer merupakan salah satu peralatan teknologi informasi modern.

Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program dan digunakan
untuk mengolah data menjadi informasi. Komputer merupakan teknologi informasi yang
sudah tidak asing lagi. Di kantor, di sekolah, di instansi pemerintah, bahkan di rumah-rumah, teknologi tersebut sudah sering ditemui. Komputer memudahkan manusia dalam melakukan berbagai kegiatan. Misalnya melakukan penyimpanan data, mengolah data, sarana hiburan, dan lainnya.

2. Peralatan Teknologi Komunikasi
Peralatan teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Peralatan yang termasuk teknologi komunikasi adalah surat kabar, radio, telepon, televisi, dan sebagainya.

a. Surat Kabar
Sudahkah kamu membaca surat kabar hari ini? Berita apa yang sedang hangat dan
dimuat surat kabar hari ini? Surat kabar boleh dibilang merupakan media yang paling populer saat ini. Surat kabar dapat merambah semua lapisan masyarakat, baik dari kalangan atas maupun kalangan bawah.

Surat kabar merupakan lembaran kertas yang menghimpun informasi-informasi. Kertas yang digunakan biasanya mempunyai biaya rendah. Kertas ini disebut kertas koran. Surat kabar memuat berita-berita terkini dan aktual dalam berbagai topik. Topiknya beragam mulai dari politik, kriminal, olahraga, tajuk rencana, sampai cuaca. Surat kabar juga dikembangkan untuk bidang-bidang tertentu, seperti berita untuk industri, penggemar olahraga, penggemar seni, atau partisipan.

Jenis surat kabar umum biasanya diterbitkan setiap hari, kecuali pada hari-hari libur. Surat kabar sore dan surat kabar mingguan juga umum diterbitkan. Kebanyakan negara mempunyai setidaknya satu surat kabar nasional yang terbit di seluruh bagian negara. Di Indonesia contohnya KOMPAS, Media Indonesia, dan The Jakarta Post.

Ide menerbitkan surat kabar sudah setua zaman Romawi kuno. Saat itu, kejadian sehari-hari diterbitkan dalam bentuk gulungan yang disebut dengan “Acra Diurna”. Setelah Gutenberg menemukan mesin cetak di abad kelima belas, buku-buku pun mulai diterbitkan di Perancis dan Inggris, begitu pula halnya dengan surat kabar. Surat kabar pertama kali dibuat di Amerika Serikat, dengan nama “ Public Occurrenses Both Foreign and Domestick” pada tahun 1690.

Di Indonesia, surat kabar mulai terbit pada pertengahan abad 18 dan umumnya diterbitkan oleh orang-orang Belanda dan berbahasa Belanda pula. Namun, seiring dengan perkembangan, mulai bermunculan surat kabar yang diterbitkan dalam bahasa Melayu. Kebanyakan surat kabar ini masih beraksara Arab, Jawa, ataupun campuran dengan aksara Latin. Surat kabar pertama di Indonesia adalah surat kabar Warta Berita.

Surat kabar ini terbit pada tahun  1901 dengan bahasa Melayu dan beraksara latin.
Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju, saat ini surat kabar tidak hanya melalui media kertas tetapi juga versi online dapat diakses melalui internet.

b. Radio
Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan radio. Adakah radio di rumahmu? Saat mendengarkan radio kamu dapat memperoleh informasi. Melalui radio, kamu juga dapat mendengarkan musik, memilih musik, serta ikut berbincang-bincang memberi pandapat tentang suatu hal.

Tahukah kamu bahwa radio juga mempunyai peranan penting dalam menyelamatkan
banyak orang? Bagaimana ya caranya? Radio digunakan oleh banyak kalangan, seperti
angkatan laut, angkatan udara, dan angkatan darat. Kapal-kapal menggunakan radio untuk berkomunikasi. Salah satu contoh peranan penting radio adalah ketika pada tahun 1912 kapal Titanic mengalami kecelakaan dan tenggelam. Melalui radio antarkapal yang satu dengan kapal yang lain dapat saling berkomunikasi, bahkan dengan stasiun radio darat. Melalui informasi yang diberikan, kapal terdekat atau stasiun darat terdekat dapat datang dengan cepat untuk memberi bantuan pada kapal yang mengalami kecelakaan, sehingga banyak orang yang terselamatkan.

Radio menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan suara melalui
udara. Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik. Gelombang
ini terbentuk ketika obyek bermuatan listrik dimodulasi. Modulasi adalah teknik
menumpangkan sebuah sinyal pada sinyal yang lain. AM ( Amplitude Modulation) dan
FM ( Frequency Modulation) merupakan sistem modulasi yang sering digunakan.

Sistem FM mempunyai kelebihan dapat  menghilangkan gangguan oleh gelombang
radio lainnya. FM juga dapat menghilangkan gangguan suara oleh cuaca seperti petir
maupun hujan dan menghasilkan suara yang lebih jernih dibanding dengan sistem AM. Namun, sistem FM mempunyai kelemahan yaitu jangkauan yang kurang luas.

c. Telepon
Saat ini telepon sudah menjadi kebutuhan sebagian masyarakat dunia. Dari anak-anak
sampai orang dewasa, telepon sudah tidak asing lagi. Apakah telepon itu? Ya, telepon
adalah alat komuniksasi jarak jauh atau biasa disebut alat telekomunikasi. Alat ini yang
mengubah dan mengirimkan suara menjadi energi listrik melalui kabel telepon.

Telepon digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh bahkan di seberang lautan sekali pun. Saat ini biaya telepon juga relatif mudah dijangkau oleh masyarakat. Hal ini mempermudah orang untuk menjalin komunikasi jarak jauh.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perangkat telepon pun semakin praktis. Dahulu kita tidak dapat membawa telepon kemana-mana, telepon tersebut dikenal dengan nama telepon tetap (fi xed line telepon). Saat ini telah marak telepon tanpa kabel. Telepon tersebut dapat dibawa kemana pun sesuai kebutuhan kita. Telepon tanpa kabel semacam ini disebut telepon genggam atau handphone (HP). HP bentuknya praktis untuk dibawa kemana pun dengan model yang bervariasi.

Di era teknologi canggih ini, fungsi HP semakin berkembang. HP tidak hanya untuk
berbicara satu sama lain dengan jarak jauh. HP juga digunakan untuk mendengarkan
radio, melihat televisi, mendengarkan musik, berfoto, merekam video, atau mengirim foto dan video. Kamu juga dapat mengirim dan menerima tulisan atau gambar berupa pesan singkat yang disebut SMS ( Short Message Service) dan MMS ( Multimedia Message Service). Bahkan dengan teknologi WAP ( Wireless Application Protocol) dan GPRS (General Packet Radio Service), HP dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk browsing internet. Berdasarkan data dan suara yang dikirimkan, HP dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

1) GSM atau ( Global System for Mobile Communication) Pada sistem GSM, suara dan data yang dikirimkan berdasarkan satuan waktu ( timeslot). Artinya, penggunaan saluran frekuensi menggunakan batasan waktu. Kelebihan dari sistem GSM adalah mempunyai kualitas komunikasi yang lebih stabil. Sedangkan kekurangannya adalah sulit untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan ketika jaringan sudah penuh.

2) CDMA ( Code Devision Multiple Access) Pada sistem CDMA, suara dan data yang dikirimkan dengan menggunakan kode-kode tertentu. Kode-kode ini untuk mengatur setiap panggilan. Jadi, CDMA tidak memiliki frekuensi khusus pada setiap pemakai. Kelebihan dari sistem CDMA adalah mempunyai kapasitas jaringan yang besar sehingga walaupun digunakan secara bersama-sama tetap mempunyai konektivitas yang tinggi. Sedangkan kekurangannya adalah kualitas komunikasi yang tidak stabil.

d. Televisi
Adakah di antara kalian yang tidak mengenal televisi? Televisi merupakan media informasi dan komunikasi yang sangat dikenal. Televisi adalah pesawat yang dapat menangkap siaran gambar dan suara dari pemancar. Dengan televisi, kamu dapat melihat lokasi suatu daerah maupun tokoh-tokoh terkenal dalam dan luar negeri. Kejadian alam, pelantikan presiden, dan budaya setiap daerah maupun bangsa lain dengan mudah dapat kamu lihat. Televisi sudah menjadi sumber segala informasi. Bahkan, televisi juga digunakan untuk mempromosikan suatu produk tertentu yang bersifat menguntungkan.

Dalam perkembangan berdasarkan fungsinya, peralatan teknologi informasi dan teknologi komunikasi sulit dipisahkan sehingga muncul istilah teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Peralatan yang merupakan teknologi informasi dan komunikasi adalah radio, telepon, televisi, dan yang paling modern saat ini adalah internet.

Apa itu internet? Internet adalah suatu jaringan komputer yang sangat luas yang
menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Banyak orang menggunakan
fasilitas internet untuk berbagai macam tujuan.

Ada yang ingin mengobrol dengan chatting, mencari informasi dengan browsing, mengirim surat lewat surat elektronik atau e-mail, bermain game untuk hiburan, dan ada juga yang berbisnis lewat internet. Internet memudahkan manusia untuk saling berhubungan dan mencari informasi. Internet tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dari negara mana pun dapat saling mengakses internet. Perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Ikuti selalu perkembangannya, baik melalui media cetak maupun internet agar kamu tidak menjadi gagap teknologi.

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes